MAKASSAR, RAKYAT.NEWS – Penerapan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3) saat ini bisa diterapkan untuk kerja-kerja petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu).

Seperti dikemukakan oleh Ketua DPW Perhimpunan Ahli Kesehatan Kerja Indonesia Sulsel Muh Ilham Arifai yang mengatakan bahwa Perhimpunan Ahli Kesehatan Kerja Indonesia atau Pakki merupakan organisasi perpanjangan dari pemerintah untuk membangun kajian risiko kesehatan.

Ia menjelaskan organisasi yang menghimpun tenaga ahli mendapat andil di pesta demokrasi dari bidang teknis dalam melakukan kajian risiko lebih dalam dan jauh tentang sistem manajemen K3.

Kata dia, sering kita melihat adanya orang berjatuhan karena kelelahan atau sakit, ada lima faktor lingkungan kerja yang memang perlu diterapkan yaitu, fisik, kimia, biologi, ekonomi dan psikologinya.

“Untuk yang terjadi saat ini cenderung kelelahan yang sangat berpengaruh pada psikologinya, dan ketika psikologinya tertekan maka konsentrasi kerjanya itulah yang membuat mereka cenderung untuk mengalami kerentanan terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja,” ucap Ilham Arifai di sela acara pelantikan dan rapat kerja DPP Pakki Sulsel periode 2023-2028 yang berlangsung di Ruang Auditorium PJT Lantai 7, RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar, Sabtu (17/02/2024).

Pada kesempatannya, Arifai juga menyampaikan fungsi organisasi profesi ini adalah membangun sistem kesehatan kerja dan keselamatan.

Karena itu, dirinya mengapresiasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel yang tetap berkolaborasi dengan Pakki Sulsel.

“Kami mengapresiasi Dinkes Sulsel hadir bekerja sama dengan teknis ada di Pakki Sulsel untuk melakukan kajian risiko lebih dalam dan jauh tentang hal yang berhubungan dengan risiko kerja,” ujarnya.

“Walaupun saat ini Pakki Sulsel masih di sektor kesehatannya, tapi kedepan kami masuk area industri untuk melakukan kajian risiko lebih jauh dari sisi keselamatan dan disasternya. Termasuk di pesta demokrasi, karena Pakki hadir untuk semuanya,” sambungnya.