RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar gelar Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Tahun 2024 dengan tema Makassar Low Carbon City with Metaverse di Hotel Sheraton By Four Points, Makassar, (Senin, 26/2/2024).

Rapat tersebut dihadiri oleh Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, dan Kepala Badan Strategis Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri, Yusharto Huntoyungo. Serta, narasumber ahli tingkat nasional dan internasional, yakni Rima Ginanjar, Partha Sarathi, dan Supardi Tan.

Dalam sambutannya, Bahtiar Baharuddin sangat mengapresiasi ide dan gagasan dari Wali Kota Makassar, yang melakukan rembug kota yang dihadiri 1.200 peserta, termasuk menghadirkan ahli di bidangnya.

“Rembug kota ini dihadiri oleh para narasumber skala nasional dan internasional ini yang luar biasa. Seluruh pejabat SKPD dan pemangku kepentingan di Kota Makassar semua dilibatkan,” kata Bahtiar.

Bukan hanya itu, ia menilai bahwa ini adalah suatu isu problematik yang mendunia. Tetapi adapun substansi yang dibicarakan tentang low carbon (rendah karbon).

“Ini adalah isu dunia dan kota seluruh negara,” ungkapnya.

Lanjutnya, ia menilai bahwa pemerintah kabupaten/kota maupun provinsi hingga nasional harus saling bersinergi satu sama lain untuk membicarakan low carbon.

Program ini sesuai dengan perencanaan Pemerintah Kota Makassar dalam pembangunan jangka panjang Sulawesi Selatan tahun 2024-2025.

Membangun Sulsel yang mandiri, berdaulat dan maju dalam ekosistem ekonomi biru, yang ramah lingkungan dan alam yang harus diutamakan. Mengolah alam dan membangun daerah, dan menjaga kelestarian alam.

“Kami pastikan ketika Makassar sudah membicarakan low carbon, tentu seluruh kabupaten dan kota di Sulsel juga harus membicarakan low carbon. Penurunan emisi carbon bukan hanya di Makassar. Tema ini harus saya dorong agar daerah lain juga bicarakan,” terangnya.