RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) kota Makassar melakukan pengambilan dan pengujian sampel pada Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) di pasar Sentral dan HERO Mall Ratu Indah, Jumat, (01/03/2024).

Pengujian sampel Pangan dilakukan oleh petugas lab bidang ketahanan pangan, Hadaria dan dilaksanakan di Mobil Laboratorium AMMOLI (Aman Dengan Mobil Laboratorium) Dinas Ketahanan Pangan kota Makassar.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan kota Makassar Dr Alamsyah Sahabuddin S. Stp., MSi, mengatakan, kegiatan ini merupakan penyediaan sarana dan prasarana pengujian mutu dan keamanan pangan segar asal tumbuhan.

“Hari ini Dinas Ketahanan kota Makassar melakukan pengambilan dan pengujian sampel Pangan segar asal tumbuhan. Tujuannya untuk memastikan keamanan pangan sebelum dikomsumsi masyarakat,”tuturnya.

Menurut dia, pangan segar asal tumbuhan juga merupakan pangan yang berisiko tinggi terhadap pencemaran kimia, seperti pestisida, residu dan lain-lain yang dapat menganggu kesehatan manusia, maka dari itu perlu dilakukan pengawasan.

“Pangan segar asal tumbuhan seperti sayur sayuran dan buah buahan juga merupakan pangan yang berisiko tinggi karena pencemaran kimia, seperti pestisida, residu, dan lain lain yang mengandung zat kimia, kalo dikomsumsi dapat menganggu kesehatan manusia,” jelasnya.

Pengambilan sampel asal tumbuhan antara lain sayur sayuran dan buah buahan untuk diuji kandungan pestisidanya dengan menggunakan Rapid test kit pesticida atau Uji cepat.