RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Bunda PAUD Sulawesi Selatan, Sofha Marwah Bahtiar, mendorong penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkualitas, dengan layanan holistik integratif. Peran Bunda PAUD sebagai penggerak utama diharapkan dapat menggerakkan semua pihak untuk mewujudkan Gerakan Nasional PAUD Berkualitas melalui kepedulian dan pemberdayaan peran serta masyarakat.

Hal itu disampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja Pendidikan Keluarga Dirangkaikan dengan Rakor Bunda PAUD Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2024, yang dilaksanakan di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Jumat (8/3/2024).

Pada kesempatan ini, juga dilakukan Pelantikan dan Pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten Bantaeng, Enrekang, Sidrap, Wajo, Bone, Sinjai, Luwu, Jeneponto, Kota Palopo dan Parepare, sekaligus Pelantikan Pengurus Pokja Bunda PAUD Sulsel.

Sofha Marwah menjelaskan, pengembangan PAUD terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan orang tua, keluarga, dan masyarakat yang memerlukan perluasan akses dan peningkatan mutu layanan PAUD yang berkualitas. Dukungan, partisipasi, peran serta masyarakat, khususnya peran isteri kepala pemerintahan dan kepala daerah sangatlah diharapkan.

“Penyediaan layanan PAUD bagi seluruh anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani mereka agar siap dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang cerdas dan sehat. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan dukungan berbagai pihak. Salah satu pemangku kepentingan yang dipandang memiliki peran strategis dalam mendorong upaya menciptakan penyelenggaraan PAUD berkualitas dengan layanan holistik integratif adalah Bunda PAUD,” terangnya.

Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel ini menyampaikan, PAUD merupakan jenjang pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan Sumber Daya Manusia. Semua sumber daya harus bergerak mendukung penyelenggaraan PAUD, tidak terkecuali Bunda PAUD yang memang keberadaannya bertujuan mengembangkan PAUD di wilayah masing-masing, mulai dari tingkat Provinsi sampai pada tingkat Desa/Kelurahan.