RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto tengah rancang kendaraan metro kapsul listrik yang ramah lingkungan. Transportasi tersebut rencana akan terhubung ke stadion kawasan GOR (Gelanggang Olahraga) Sudiang dan jadi feeder Kereta Api Parepare-Makassar. Hal ini disampaikan saat dia ditemui di di Balai Kota Makassar, Rabu (13/3/2024).

“Pertama adalah bagaimana mendukung kereta api elevated kalau masuk Makassar, yaitu tentang kereta api feeder. Tadi kita selesaikan feeder-nya,” ujarnya, dikutip dari detiksulsel.

Dia menambahkan dengan adanya metro kapsul ini akan terhubung dengan beberapa lokasi yang vital di Kota Makassar, termasuk calon stadion utama di Sudiang.

“Intinya adalah semua ruang-ruang yang belum hidup, misalnya, Benteng Somba Opu, kemudian Stadion Barombong, kemudian calon stadion utama kita (Sudiang). Itu dihubungkan dengan semua, dengan metro kapsul,” tambahnya.

Dia mengatakan metro kapsul dengan low carbon ini tidak menggunakan monorail, dimana karena kondisi tikungannya yang susah dan sulit untuk naik.

“Kita tidak pakai monorail, karena monorail susah tikungannya, susah dia naik. Kalau metro kapsul kayak pete-pete sebenarnya. Tapi, kalau monorail tidak kayak pete-pete, ini kayak pete-pete,” bebernya.

“Itu (metro kapsul) kan dia low carbon, kemudian biar sempit, kan jalan kita sempit. Kayak Rappocini, sempit sekali kan. Kalau monorail kan besar ki. Itu cuma 2,57 meter saja, 2 meter,” lanjut Danny.

Dia mengungkapkan dengan adanya metro kapsul ini bisa mengelilingi kota di seluruh Kota Makassar.

“Jadi, dengan metro kapsul kerja bisa keliling kota. Ini adalah konsep untuk melayani seluruh Kota Makassar, timur, barat, utara, selatan,” ungkapnya.

Dia menambahkan transportasi buatan dalam negeri ini merupakan rencana jangka panjang. Dan dia perlu menggandeng investor untuk penerapannya.