RAKYAT.NEWS, SINGAPURA – Pemerintah Kota Makassar segera merealisasikan pemindahan kabel ke bawah tanah atau Ducting Sharing, setelah Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto berkunjung ke Singapura untuk melihat bagaimana implementasi hal tersebut.

Ramdah Pomanto melakukan studi tiru di Singapura selama tiga hari, yakni 25-27 Maret 2024. Dengan kegiatan Benchmarking on Planning, Operations and Governance of Multi Utilities Tunnel.

Saat berkunjung, juga hadir pihak Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Kementerian PPN/Bappenas hingga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Selama tiga hari, ada beberapa kunjungan langsung di lokasi Multi Utilities Tunnel. Pada Senin (25/3/2024), mengunjungi Common Services Tunnel (CST) di Marina Bay.

CST merupakan jaringan bawah tanah yang menampung dan mendistribusikan layanan utilitas listrik, air, telekomunikasi, pendingin distrik, dan drainase.

CST dirancang untuk kapasitas umur pemakaian sampai 150 tahun. Tunnel dibagi menjadi dua segmen yakni pipe tunnel dan cable tunnel. Memiliki tiga sensor yakni sensor oksigen, sensor karbon monoksida, dan sensor suhu.

Ketiga sensor ini berada di permukaan tanah berfungsi memberikan informasi kepada operator di control room ketika kondisi di dalam terowongan berada diambang bawah.

Mereka juga mengunjungi Marina Bay District Cooling System (DCS). Konsep dasar DCS sendiri adalah mengkonsolidasikan kapasitas pendinginan dalam satu lokasi sentral.

Kemudian didistribusikan ke sejumlah bangunan dalam kawasan yang sama. Hal ini berbeda dengan sistem pendinginan konvensional yang mana setiap bangunan memiliki sistem pendinginan sendiri-sendiri.

DCS telah mencapai nol gangguan pasokan sejak tahun 2006. Hal ini menunjukkan bahwa DCS mampu memberikan pasokan energi pendinginan yang andal dan stabil bagi bangunan-bangunan di wilayah tersebut.

Pada Selasa (26/3/2024), mereka mengunjungi Sembcorp Battery Storage. Merupakan entitas yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengoperasian sistem penyimpanan energi baterai di Singapura.