MAKASSAR – Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Kehutanan menyelenggarakan webinar bertajuk “Top Scientist Webinar Series” bertemakan “VHR (Very High Resolution) Remote Sensing and Fieldwork Underpinning Conservation of The Mangrove Social-Ecological System”.

Baca Juga : Bupati Terima 329 Mahasiswa KKN Tematik Gelombang 108 Unhas di Takalar

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Prof. Farid Dahdouh- Guebas (Vrije Universiteit Brussel (VUB), Belgium) yang berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, mulai pukul 10.00 Wita Senin (27/6).

Mewakili Dekan Fakultas Kehutanan, Muhammad Alif K. Sahide, Ph.D., dalam sambutannya menjelaskan bahwa tema yang dibahas sangat penting guna menambah wawasan terkait perkembangan teknologi bidang kehutanan.

“Ini waktu yang tepat untuk membahas dan saling berdiskusi terkait kemajuan teknologi penginderaan jarak jauh yang dimanfaatkan dalam anlisis kajian pemanfaatan lingkungan lahan hutan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan potensi atau hasil riset bidang kehutanan,” jelas Muhammad Alif.

Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan, Prof. Muh. Nasrum Massi, Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Unhas senantiasa memberikan ruang pembelajaran berbasis internasional bagi mahasiswa dan dosen, sebagai target pencapaian menuju World class University.

“Topik yang dibahas ini adalah topik yang sangat menarik, sehingga diharapkan melalui program ini dapat segera tercipta kolaborasi penelitian dalam bidang ilmu terkait. Kerja sama yang produktif tersebut dapat menghasilkan ide inovasi dalam memberikan solusi alternatif dalam mendukung pengelolahan hutan yang lebih baik,” jelas Prof. Nasrum.

Setelah pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi. Prof. Farid Dahdouh- Guebas memberikan gambaran sejarah, pengembangan dan penggunaan teknologi penginderaan jarak jauh dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan, salah satunya untuk mendeteksi kawasan atau konservasi Sistem Sosial-Ekologis Mangrove.