Penginderaan jauh (remote sensing) merupakan teknologi yang digunakan dalam melakukan pengukuran atau akuisisi data dalam suatu objek dari jarak jauh, salah satunya penggunaannya berkaitan dengan objek pengelolaan hutan atau pemantauan sumber daya hutan.

Farid Dahdouh-Guebas adalah profesor dan seorang Kepala unit penelitian Systems Ecology and Resource Management (SERM). Lingkup penelitiannya mengadopsi pendekatan retrospektif menggunakan metode yang relevan dari berbagai disiplin ilmu (botani tropis, penginderaan jauh sekuensial resolusi sangat tinggi dan kebenaran dasar, penelitian survei sosio-ekologis dan etnobiologis.

Penelitiannya dilakukan pada skala spasial yang berbeda dari tingkat studi kasus di berbagai negara hingga tingkat makroekologi (global) dan juga mengeksplorasi antarmuka ilmu-kebijakan. Penelitian ini juga berafiliasi dengan Vrije Universiteit Brussel (VUB).

Setelah pemaparan materi, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang diikuti kurang lebih 150 peserta yang dipandu oleh Arida Fauziyah, S.Si., M.Sc., (Dosen Fakultas Kehutanan) selaku moderator.