MAKASSAR – UPT PAL Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar menggelar kegiatan Pembinaan Teknik Pengelolaan Air Limbah Domestik yang dilaksanakan di Jalan Maccini Kidul, pada Selasa (5/7).

Baca Juga : Proyek Recovery IPAL Losari Bermasalah, Dinas PU Makassar Gelar Rakor

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membina pengelola dan warga pengguna IPAL Komunal di area jalan Maccini Kidul yang belum mendapat pendampingan mengenai teknik atau cara pemeliharaan IPAL Komunal dengan baik.

 

Antusias dari masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti bimbingan bersama dengan Dinas PU untuk mencari solusi dari setiap masalah yang terjadi, target sambungan rumah sebanyak 50 SR bisa direalisasikan karena hanya 35 SR yang terpasang hingga saat ini.

 

Kepala Dinas PU Makassar, Zuhaelsi Zubir mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan dimaksudkan untuk memberi edukasi tentang kelola instalasi pengolahan air limbah komunal yang diolah Kelompok Pengguna dan Pemanfaat (KPP).

 

Kepala UPT PAL, Hamka Darwis, SH, MM mengatakan, 39 lokasi akan menjadi sasaran IPAL Komunal yang akan diberlakukan pembinaan teknik.

 

“Tahun ini kami menyasar 39 lokasi Ipal komunal untuk dilakukan pembinaan teknik agar para KPP mampu mengelola IPAL komunal di lingkungannya masing-masing,” jelasnya.