Makassar – Orang Tak Kenal (OTK) segel Sekertariat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sulsel di Jl. Bau Mangga kota makassar. Pemasangan spanduk dan papan pengumuman yang mengaku pemilik tanah terpajang di depan gedung graha PPNI sulsel sejak sabtu, (25/06/2022).

Desrianto mengatakan kejadian ini terindikasi adanya permainan mafia tanah, yang dimana mafia tanah membuat tanah rakyat, swasta, atau bahkan milik negara diam-diam berpindah tangan tanpa disertai dokumen resmi dan prosesnya melanggar hukum.

“Hati-hati sama mafia tanah, seringkali bidang lahan yang sudah bersertifikat belum tentu bebas masalah dari kejahatan pembuatan sertifikat tanah palsu sehingga menimbulkan konflik. Sertifikat palsu bisa muncul karena praktik mafia tanah yang memalsukan dokumen. Ironisnya, dalam praktek mafia tanah ini, banyak oknum pemerintah yang juga sering terlibat”, ucapnya.

Mantan Ketua Gerakan Nasional Perawat Honorer Indonesia (GNPHI) SULSEL ini mengatakan, tanah yang ditempati sekertariat PPNI sulsel dan kampus Stikes Panakukang sudah dikuasai sejak tahun 1981 yang dilengkapi oleh setifikat tanah yang sah.

“Lucunya, 40 tahun sudah dimiliki PPNI tiba-tiba datang mengaku pemilik tanah, kan perlu di curigai. Kalau memang mereka yakin pemilik tanah, ayomi adu data di pengadilan jangan asal segel itu gedung dan kampus, karena 11.000 perawat se sulsel mau mengurus administrasi di sekertariat” tutupnya.

Saat dihubungi ditempat terpisah, Ketua PPNI Sulsel Abdul Rakhmat,S.Kep. Ns. M.Kes mengatakan sebidang tanah tersebut memilik alas hak yang diyakini Sah dan pihaknya siap diuji di pengadilan.

“Terkait kepemilikan tanah kami juga memiliki Alas hak yang kami yakini keabsahannya dan siap diuji di pengadilan, karena satu-satunya yang bisa memberikan kepastian hukum hanya pengadilan perdata maupun PTUN,” ujarnya.