RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr. Ir. A. Mujetahid M. paparkan rencana pengelolaan dan pemanfaatan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Pendidikan Unhas. Kegiatan berlangsung di Ruang Pertemuan, Aula Utama Eboni KHDTK Hutan Pendidikan Unhas, Sabtu Pagi, 15 April 2023.

Mengawali kegiatan, Kepala KHDTK Hutan Pendidikan Unhas, Ir. Nasri dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat sekitar atas kehadirannya dalam kegiatan ini.

“Dalam kegiatan ini akan dipaparkan rencana pengelolaan dan aktivitas yang akan dilakukan di KHDTK Hutan Pendidikan kedepannya,” jelas Nasri.

Kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi dengan masyarakat yang beraktivitas di sekitar Hutan Pendidikan Unhas yang bertujuan untuk mencari solusi dalam menyelesaikan setiap permasalahan atau kendala yang selama ini dihadapi.

“Saya berharap setiap permasalahan dan kendala yang dihadapi sebaiknya dibicarakan dengan pengelola KHDTK Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Unhas untuk sama-sama dicarikan jalan keluarnya,” tutur Kepala KHDTK Hutan Pendidikan Unhas.

Mujetahid menyampaikan rencana pengelolaan dan pemanfaatan yang akan dilakukan di KHDTK Hutan Pendidikan Unhas yaitu, Getah Pinus, Gula Aren, Lebah Madu, Resort, Ekowisata, Kampung Inggris dan Sylvopasture.

“Proses penyadapan getah pinus akan dilakukan dengan mendatangkan penyadap dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang akan membimbing dan mendampingi penyadap KHDTK Hutan Pendidikan Unhas,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa semua aktivitas yang dilakukan di KHDTK Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Unhas akan difasilitasi, dan tentunya mendapatkan pendampingan.

“Saya berharap kerjasama dan kolaborasi antara masyarakat sekitar dengan pihak KHDTK Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Unhas terus terjalin dalam meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar,” tuturnya.