RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar menyelenggarakan kegiatan pembinaan mental, fisik, dan disiplin deteni pada bulan Mei dan mengundang tenaga psikolog dari LLP Psikomorfosa . Kegiatan tersebut dipimpin oleh dua psikolog atas nama Iyan Afriyani HS, M.Psi. dan Ananda Imanuela Nainggolan S. Psi., M. Psi.

Baca Juga : Bupati Selayar Wisuda Santri TPA Binaan LPPTKA DPD BKRPMI

Psikolog tiba di Rudenim pukul 11.15 WITA dan diterima oleh Kepala seksi Perawatan dan Kesehatan, Hamanzah. Staf perkes kemudian berkoordinasi dengan petugas jaga untuk memanggil para deteni yang akan menerima pembinaan sembari juga menyiapkan tempat yang akan digunakan untuk kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan ini, psikolog memberikan penanganan berupa teknik Sublimasi With Game, dimana teknik ini bertujuan untuk mengurasi stress yang dirasakan seseorang. Terlihat deteni sangat antusias mengikuti kegiatan yang diberikan. Beberapa di antara mereka bahkan menunjukkan beberapa hasil lukisan yang mereka buat.

Kegiatan ini akan berlanjut setiap bulannya dengan jenis penanganan yang berbeda. Psikolog berharap deteni dapat mengambil manfaat dari pembinaan mental yang diberikan dan mampu menghadapi masa pendetensian mereka dengan lebih positif.

Kepala Rudenim Makassar, Alimuddin mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membantu deteni dalam menghadapi tantanan psikologis

“Ini merupakan salah satu upaya kami dalam membantu para deteni menghadapi tantangan psikologis dan emosional yang mereka hadapi selama masa tahanan. Kami berharap kegiatan ini dapat membawa dampak positif bagi para deteni dan dapat membantu mereka mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat setelah masa hukuman mereka selesai,” ujarnya.

Baca Juga : Apel Pagi Perdana Rudenim Makassar Usai Cuti Bersama Idul Fitri