RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Mendukung kesiapan sekolah dalam menghadapi bencana alam, KALLA berinisiatif bersama PMI Kota Makassar dan Kalla Rescue menggelar program Corporate Social Responsibility bertempat di Auditorium Sekolah Islam Athirah, Jalan Kajolalido, Makassar pada Jumat (8/12/2023).

Program ini sendiri dicetuskan berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menyebutkan bahwa dalam 10 tahun terakhir, bencana banjir (35%), angin puting beliung (30%) dan tanah longsor (23%) menjadi bencana alam yang paling sering terjadi. Dimana bencana tersebut berasal dari iklim yang tidak dapat dikontrol oleh manusia. Sehingga dibutuhkan persiapan untuk menghadapi bencana tersebut yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Launching program ini dihadiri oleh Subhan Djaya Mappaturung selaku Chief Corporate Secretary, Legal & Marketing Officer KALLA, Syamril selaku Direktur Sekolah Islam Athirah bersama manajemen, Dinas Pendidikan provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pendidikan kota Makassar, pengurus dan staff PMI kota Makassar, BKMKG Wilayah IV kota Makassar, Dinas Damkar kota Makassar dan Basarnas kota Makassar. Kegiatan ini juga dihadiri oleh guru, staff dan siswa/i Sekolah Islam Athirah yang nantinya akan mengikuti kegiatan ini.

“Beberapa waktu lalu kami launching gerakan “Basirah” yang merupakan akronim dari Bersih, Asri, Sehat, Indah Rapi, Aman, Sehat yang sejalan dengan program Satuan Pendidikan Tanggap Bencana ini. Kami tentu berharap program ini akan membuat kami semua nantinya belajar melakukan mitigasi bencana karena kita berada di wilayah yang rawan bencana. Terima kasih atas seluruh dukungan berbagai pihak atas kegiatan ini,” kata Syamril.

Dengan tema “Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana di Sekolah Islam Athirah”, program ini nantinya akan berlangsung sebanyak 1 Semester dengan rincian 12 kali pertemuan dengan rentang pertemuan hingga 2 kali per bulan. Target pesertanya sebanyak 80 peserta yang terdiri dari peserta didik, guru dan staff.