MAKASSAR – Tim Nasional U-16 Indonesia kalah dari Malaysia di hari terakhir pertandingan Grup B Pra Piala Asia U-17 2023. ‘Garuda Asia’ kalah 1-5, di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, pada Minggu (9/10/2022).

Baca Juga : Produk Indonesia yang Pernah Ditarik dari Luar Negeri

Di babak pertama, Andrika Fathir Rachman memungut bola sebanyak lima kali. Gol untuk Malaysia dicetak oleh Zainurhakimi Zain (17′), Arami Wafiy (20′ & 39′), Muhammad Anjasmirza (23′), dan A. Danish (27′).

Bima Sakti selaku pelatih timnas U-16, mengaku kelelahan para pemain melawan Malaysia adalah kesalahannya.  Pasalnya, dia ‘jor-joran’ di partai pembuka melawan Guam, Senin (3/10/2022) lalu.

Pada saat itu, Bima Sakti tidak menyertakan pemain lapis kedua.  Memainkan penggawa unggulannya dalam kemenangan 14-0 atas Guam.

“Mungkin ini kesalahan saya juga di awal pertandingan kemarin lawan Guam mungkin saya harusnya memasang pemain pelapis. Sebenarnya kami sudah mau pasang, kepikiran di satu jam sebelum pertandingan, apa kami ubah?,”  katanya.

“Tapi itu juga pertandingan pertama, kami enggak tahu kalau Guam akan di peringkat 5, kami enggak tau. Karena itu juga pertandingan pertama buat mereka. Ya, kami mendingan ambil safe dulu dan babak kedua kan banyak berubah,” katanya.

“Empat pemain saya masukan babak kedua kemudian satu pemain sebagai pengganti jaga-jaga jika ada yang cedera, jadi mungkin itu juga bisa jadi faktor kekalahan dan itu jadi evaluasi kami. Saat pertandingan pertama harusnya kami memasang pemain lapis kedua,” lanjutnya.

Kekalahan dari Malaysia membuat Indonesia berada di peringkat kedua Grup B dengan 9 poin. Namun, kans Indonesia untuk masuk final hanya melalui enam runner-up terbaik dan pada akhirnya Indonesia juga gagal meraih posisi tersebut.

Mulai saat ini Bima Sakti dan timnas U-16 akan istirahat. Mereka akan kembali ke Asian Youth Game di China pada bulan Desember.

“Kami ada jadwal Asian Youth Game di China, Desember, ya, sementara ini kami mungkin mereka balik ke klub, balik ke rumah,” katanya.

“Karena persiapan kami juga sudah satu bulan lebih dan saya sudah sampaikan ke pemain, mereka harus bangkit enggak boleh putus asa,” ujarnya, dilansir kumparan.com.